tren yang
mempengaruhi kinerja pekerjaan
- Pengetahuan Kerja
- Pelayanan Kerja
Berikut beberapa hal yang
menjadi tren dalam mempengaruhi kinerja pekerjaan
Secara
sejarah, penelitian tentang perilaku
organisasi telah terfokus kepada aspek fisik dari kinerja pekerjaan. Hal ini
dapat dimengerti, mengingat ekonomi Amerika merupakan indsutri dan
produktifitas karyawan yang bekerja di pabrik-pabrik itu menjadi perhatian
besar. Bagaimanapun, pada awal 90 an, mayoritas pekerjaan-pekerjaan baru,
mensyaratkan karyawan untuk mencantumkan analisis dan teoritis pengetahuan
yang diperoleh dari pendidikan formal maupun non formal.
Ditambah ,
untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan akan pekerjaan cenderung tidak
kaku dan dinamis. Karena data, fakta,
dan informasi selalu berubah ubah. Terlebih lagi, seiring berjalannya waktu, masyarakat dapat memiliki akses yang lebih
mudah untuk mengetahui informasi tersebut, dengan menggunakan apapun dari
internet , Google, Yahoo, dan lain lain. Ditambah, perangkat yang biasa
digunakan untuk menambah pengetahuan tersebut , berubah-ubah. Misalnya dengan
perangkat lunak, database dan sistem komputer yang semakin sering diperbarui.
Sebagaimana, perangkat menjadi sangat berkuasa, harapan akan semakin luasnya
pengetahuan semakin ambisius. Betapapun
juga, sebuah presentasi tidak akan selesai lebih cepat ketika setiap buku yang
digunakan juga tersedia secara online lebih dipilih daripada mencari dari berbagai perustakaan.
Tentunya,
tidak semua pekerjaan diciptakan
dalam kebutuhan pengetahuan kerja
ekonomi saat ini. Faktanya, salah satu perkembangan sektor ekonomi yang paling cepat adalah
Pelayanan. Pelayanan kerja menciptakan pelayanan lebih baik dibandingkan
dengan peningkatan produk yang juga melibatkan interaksi fisik dengan
pelanggan. Proyeksi menunjukan hampir 20% jenis pekerjaan baru yang muncul
adalah dibidang pelayanan. Diprediksikan pelayanan yang akan tumbuh banyak berasal
dari bidang seperti customer Service
Representative, salesperson, dan, food
service . Sedangkan untuk jenis
pekerjaan seperti, teknisi, perawatan& pemeliharaan, kunstruksi dan
produksi hanya akan bertumbuh sekitar 4 sampai 7 % dalam beberapa tahun
kedepan.
Customer Service Representative |
Kenaikan
pelayanan kerja boleh dibilang merupakan sebuah nominal yang menggambarkan
kinerja pekerjaan. Misalnya, biaya pada
saat tugas yang dikjerjakan gaga
sifatnya lebih mendesak dan jelas. Begitupula ketika seorang customer service melakukan pekerjaanya dengan buruk, maka si
pelanggan akan memberikan peringatan. Kegagalan tidak dapat disembunyikan atau
dibetulkan oleh pekerja lainya. Ditambah lagi, pelayanan kerja berada pada
konteks dimana berada dalam level dan tempat yang lebih tinggi dari sebuah
perilaku kewarganegaraan dan berada pada level rendah untuk perilaku
kontraproduktif. Jika seseorang menolaku untuk membantu sesama atau menjaga
sportifitas, atau jika mereka melakukan gosip dan menghina orang lain, itu
adalah emosi negatif yang dapat mempengaruhi pelanggan saat berinteraksi
dengan mereka . Menjaga agar lingkungan kerja tetap positif karenanya menjadi
sangat penting.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar